-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Contoh Laporan Perakerin 2015

Monday, November 2, 2015 | Monday, November 02, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-11-02T00:47:33Z
BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
            Perkembangan jaringan telekomunikasi sekarang ini tumbuh dengan pesat karena perkembangan yang sangat pesat itu, telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Seluruh masyarakat membutuhkan sarana telekomunikasi. Menghubungkan jaringan telekomunikasi tidaklah mudah tergantung keadaan dan kondisinya.
            Salah satu solusinya adalah dengan teknologi ADSL yang merupakan teknologi baru, dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada yaitu jaringan telepon yang menggunakan saluran sepasang kawat tembaga (Public Service Telephone Network, PSTN). Masalahnya, jaringan tersebut telah dirancang untuk keperluan penyaluran sinyal suara dengan bandwidth terbatas. Dengan perkembangan teknologi digital, jaringan PSTN dapat dioptimalkan untuk penggunaan transmisi data digital kecepatan tinggi.
            Teknologi ADSL yang digunakan oleh PT. TELKOM pada layanan speedy adalah ADSL 2/2+, teknologi ini mampu mengirimkankan data dengan kecepatan bit yang tinggi, berkisar 24 Mbps untuk arah downstream (sentral – pelanggan), dan 1 Mbps untuk arah upstream (pelanggan – sentral).
            Banyak sumber informasi yang dapat kita ketahui di era globalisasi ini, seperti : Internet, Media Cetak dan Elektronik ( seperti : Televisi, Radio, koran dan sebagainya ), namun dari sekian banyak sumber informasi, yang paling penting untuk kita ikuti perkembangannya adalah informasi darai layanan jasa melalui Internet.

            Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang telekomunikasi yaitu PT. Telkom bertanggung jawab dalam penyediaan sarana dan prasarana telekomunikasi, ( seperti : Jaringan Telepon Rumah dan Jaringan Internet Speedy ) yang keduanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga dalam hal ini PT. Telkom lebih serius dalam melayani permintaan masyarakat dengan selalu meningkatkan kualitas layanannya.
            Di ambilnya judul mengenai pemasangan jaringan speedy dan telepon, karena saat ini Telkom Lubuklinggau  sedang melaksanakan program tersebut. Speedy adalah layanan akses internet berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga).
     Tidak seperti layanan akses internet dial-up (seperti TelkomNet Instan), dengan mempergunakan Speedy, saluran telepon tetap dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet.

B.     Maksud Dan Tujuan
Tujuan dari penulisan laporan ini adalah :
1.    Untuk memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai cara instalasi dan setting modem speedy.
2.    Untuk memenuhi syarat kelulusan mata kuliah Kerja Praktek Lapangan Jurusan Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Lubuklinggau.

C.    Manfaat
Manfaat yang hendak dicapai dalam pelaksanaan Kerja Praktek Lapangan ini adalah sebagai berikut:
1.    Memperoleh pengalaman dalam dunia kerja.
2.    Menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.
3.    Memperdalam dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah didapat dari perkuliahan untuk diimplementasikan pada dunia kerja secara nyata.
4.    Mahasiswa mempunyai gambaran nyata mengenai lingkungan kerjanya, mulai dari tingkat bawah sampai dengan tingkat yang lebih tinggi.








D.    Sistematika Penulisan
























BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    Gambaran Umum Perusahaan

1.    Sejarah Singkat Perusahaan
        PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. atau dikenal dengan PT. Telkom adalah perusahaan penyedia jasa informasi dan komunikasi dengan produk unggulannya adalah Telepon Jaringan ( Telepon Rumah Telkom dan Telepon tanpa Jarungan / Wireless ( FLEXI ).Adapun sejarah singkat PT. Telkom adalah sebagai berikut :
a.         Era Kolonial
Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).

b.      Perusahaan Negara
Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).

c.       Perumtel
Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT. Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.

d.      PT. Telkom ( Persero )
Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero)  Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.
e.       PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham TELKOM. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.
Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomukikasi Indonesia.
Tahun 2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT INDOSAT sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dan INDOSAT. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

2.           Visi Dan Misi
a.       Visi
Menjadi Perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional.

b.    Misi
1.         Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
2.         Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.
Corporate Culture    : The New Telkom Way
Basic Belief               : Always The Best
Core Values              : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors          : Imagine, Focus, Action







3.      Struktur Organisasi Perusahaan
                                                        Dalam suatu perusahaan baik itu perusahaan kecil maupun besar, struktur organisasi sangatlah penting, karena struktur organisasi merupakan alur job description dalam pelaksaan kerja yang baik dan terarah, serta dapat diketahui batas tanggung jawab dari suatu pekerjaan. Oleh karena itu PT. TELKOM yang merupakan suatu organisasi yang besar senantiasa mengadakan pembaharuan struktur organisasi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan.
Pada bagian ini penulis akan mengemukakan Struktur Organisasi dan uraian tugas PT. Telkom Indonesia Area Lubuklinggau dibuat dalam bentuk garis komando karena alur dan tanggung jawab secara lurus/vertikal, dimana terdapat satu komando atau pimpinan yang memerintah dari atas sampai ke bawah. Demikian pula tangga organisasi harus diajukan ke pihak atasan untuk mendapat penyelesaian. Hal tersebut dapat terlihat pada gambar struktrur organisasi PT. Telkom sebagai berikut :

KAKANDATEL
AIDIL FITRI

AS. O DAN M
FERIUS

ASMAN SELES & CC
BUDIMAN

AS. SUPPORT
ANDIKA

SPT. SO
MURTIYONO

SPU PLASA
LT.PGA.TS.POP

AS OOF 2
SRI ENDANG. K

OOF 3
1.      ABDULAH
2.      KORDIN.S
3.      DAHMAT.H
4.      WARNO
 
















B.   Uraian Kerja
1. Melayani konsumen baru dalam proses registrasi pemasangan speedy dan telpon serta menawarkan produk-produk baru PT. TELKOM Indonesia Lubuklinggau.
2. Melayani Keluhan Serta Gangguan Konsumen lama dan baru dalam proses Pemakaian Speedy dan telpon dapat menghubungi (0733)
3. Melayani Konsumen Lama dan baru dalam proses Penggantian / mutasi paket speedy.
     a.Paket socialia Standar
     b.Paket Socialia Satndar + Wifi
     c.Paket Load Standar + Wifi
     d.Paket Familia Standar + Wifi
     e.Paket Exsecutive Standar + Wifi
     f.Paket Biz Standar + Wifi
4. Melayani Pembayaran Tunggakan Konsumen Baru Dan Lama.
5. Menentukan Kualitas Pelayanan Senhingga Mendapatkan Penghargaan bagi yang Memiliki nilaai kerja yang baik









BAB III
PEMBAHASAN DAN TEMUAN

A.       Kajian Teori
        Modem adalah salah satu komponem dari CPE(Customer Premise Equipment) yang berfungsi melakukan modulasi dan demodulasi sinyal informasi. Dengan adanya kebijakan ”Liberalisasi" pelanggan Speedy diberi kebebasan memilih merek modern yang beredar di pasaran.Speedy adalah salah satu produk PT. Telkom Indonesia untuk layanan Broadband akses yang mencakup internet berkecepatan tinggi, data dan suara serta Vidio.
      ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) teknologi akses, yang memungkinkan terjadi komunikasi data, voice dan video secara bersamaan, menggunakan media jaringan akses kabel tembaga 1 pair. Kecepatan yang ditawarkan 384 kbps sampai 512 kbps. ADSL mentransmisikan lebih dari 6 Mbps kepada subscriber (downlink) dan kurang lebih 640 untuk transmisi arah yang berlawanan (uplink). Penambahan kecepatan ini berkisar sekitar 50 kali dari kapasitas akses lama tampa pengistalan jaringan kabel yang baru(misalnya : fiber optik).
B.       Temuan Studi
1.         WIRE
          -Tipes HomePortal 1070
-Spesifikasi
ADSL USB Modem with Up to 8Mbps Connection, USB powered, plug and play, Supports Full-rate G.DMT as well as G.lite, PPPoA, PPPoE
2.         MODEM 3COM
-Tipes 3COM OfficeConnect
          -Spesifikasi
ADSL 2/2+/RE-ADSL, 4port ethernet switch    gateway,firewall,Downstream hingga 54Mbps,ROUTER,GATEWAY,FIREWALL,WIFI b/g with security protection.
3.         MODEM ALCATEL
Tipes :SpeedTouch 580 Wireless ADSL
Spesifikasi
High speed 802.11g 54Mbps mixed mode capable 802.11b 11Mbps Wider indoor coverage (60m radius ) Wireless Distribution System.
Tipes Speedtouch 330
Spesifikasi :
Up to 8Mbps downstream, 832kps upstream, connects to USB-port on desktop or notebook computer, Supports PPPoA,PPPoE and LAN functionality
Tipes SpeedTouch 510
Spesifikasi :
Up to 8Mbps downstream, 832 Kbp PPPoE, PPPoA, IPoA, CIP, ETHoA
4.         MODEM ALLIED TELESYN
-Tipes -AT-AR250E
-Spesifikasi
ADSL USB Modem with Up to 8Mbps Connection, USB powered, plug and play, Supports Full-rate G.DMT as well as G.lite, PPPoA, PPPoE
-Tipes -AT-AR210
-Spesifikasi :
ADSL USB Modem with Up to 8Mbps Connection, USB powered, plug and play, Supports Full-rate G.DMT as well as G.lite, PPPoA, PPPoE
-Tipes-AT-AR210V2
-Spesifikasi :
A convenient and affordable USB ADSL modem that gives you up to 8 Mbps downstream speed over existing telephone lines,USB powered with no external power supply needed and is compatible with major PC operating systems

-Tipes-AT-AR236E
-Spesifikasi :
ADSL Modem Bridge/Router with Up to 8Mbps Downstream and 880kbps Upstream, External Power, plug and play, Supports Full-rate G.DMT as well as G.lite, PPPoA, PPPoe.
5.         MODEM AZTECH
-Tipes-WLAN ROUTER DSL600EW
-Spesifikasi
ADSL Broadband Router integrated 802.11g with 54Mps Wireless Access Point included 4 port 10/100 base T-Switching hub.
6.    KAP 4 PORT DSL
-Tipes-DSL600ER ADSL
-Spesifikasi :
ADSL 2/2 Modem + Ready 4 Port Ethernet Router Multi-user Sharing of ADSL Line up to 8 Flexible & Simultaneous Usage of Ethernet Full feature Router with DHCP, DNS, DMZ, Port Range Forwarding, VPN Pass through Dual SPI & NAT Firewall ensures double protection
-Tipes-DSL600EU ADSL
-Spesifikasi :
ADSL 2/2 Modem + Ready Ensuring Future Proof for Higher Bandwidth demands Multi-user Sharing of ADSL Line Flexible & Simultaneous Usage of Ethernet Full feature Router with HDCP, DNS, DMZ, Port Range Forwarding, VPN Pass through Dual SPI & NAT Firewall ensures double protection
-Tipes-ETHERNET DSL305EU
-Spesifikasi :
Aztech DSL305EU is Ethernet Brigde/Router suitable for home, office and personal Network device. Provides the plug and play features on installation.
7.    TP-LINK
          Spesifikasi
ANSI G.992.3 (G.99.4G) up to 24 Mbps and upstream data rates up to 3.5 Mbps with Annex M enable, supports Full-rate G.DMT as well as G.lite, PPPoA, PPPoE.

a.    Jarak dan Jangkauan Modem ADSL
Jangkauan modem ADSL adalah jarak antara tempat sentral telepon dengan lokasi pelanggan.secara umum, jarak terjauh yang masih bias dicapai oleh ADSL adalah 5,5 km.Namun jarak yang disebutkan tadi bisa saja berubah tergantung pada performasi kabel yang ada, sehingga untuk jarak yang semakin jauh maka laju dapat yang dikirim akan semakin berkurang. Hal ini dapat dilihat pada gambar dibawah. Hubungan antara kecepatan jangkauan.
Nilai dari kecepatan yang ada pada tabel di atas bukanlah suatu nilai yang pasti.namun tabel di atas tampak bahwa untuk jarak jangkauan yang makin jauh maka laju data akan semakin rendah. Oleh karena itu bila seorang pelanggan ingin memasang peralatan ADSL di tempatnya,maka ia harus memperhitungkan jarak tempatnya berada dengan kantor sentral terdekat, karena bila ternyata ia berada diluar jangkauan maka laju data yang di inginkan tidak akan bisa tercapa.
b.   Instalasi Modem Wifi
            Sambungkan kabel RJ45 ke Modem, ke splitter dan hubungkan ke kabel telepon. Sambungkan adapter modem ke listrik dan hidupkan modem, kemudian sambungkan kabel lan ke modem dan Pc. Dapat dilihat Pada Gambar 1.1
                                    Tata cara Instalasi Modem Wifi(TP-Link) yaitu :
-          Buka browsing tools seperti Mozila firefox
Gambar 1.1







-          Kemudian pada Adress bar ketikan 192.168.1.1


Gambar 1.2






-          Ketika anda diminta Username dan password, Masukan Username: admin dan Password: admin
Gambar 1.3




-           
-            Kemudian Muncul Menu Awal Instalasi
Pada menu pilih Quick start, lalu Run Wizard
Gambar 1.4












-            kemudian klik next
Gambar 1.5






-          Pilih Zona waktu(biasanya sudah diset langsung) Klik Next
-          Masukan Type ISP conection, Pilih PPoE/PPoA, Klik Next
Gambar 1.6







-          Pada Menu PPoE/PPoA, isi
Username : No speedy diikuti dengan @telkom.net
Ex: Username : 111726****@telkom.net
Password : Masukan Password Speedy (Langsung dari Telkom) kemudian
Isi nilai VPI : 8, dan VVLC: 81
Pilih Conection Type: PPoE/LLC, Lalu Klik Next
Gambar 1.7







-          Kemudian pada Menu WLAN( setting Wifi)
Acces Point : Pilih Actived
SSID : Masukan Nama Jaringan yang anda inginkan
Ex : TELKOM
Broadcast SSID : pilih yes
Authentivication type : pilih WPA -WPSK/ WPA2-PSK
Encryption : pilih TKP/AES
Pre-Shared key : Masukan Password yg Diinginkan
Ex : Telkom Lubuklinggau
Kemudian Klik Next
Gambar 1.8







\
-          Quick Start Complete, Klik Next

Proses selesai, sekarang kita kita keluar dari mozila firefox dan hubungkan wifi sesuai dengan nama dan password yang kita masukan tadi.










c.    Kendala yang terjadi saat Instalasi Modem speedy
     Kendala yang sering terjadi adalah :
Gambar 2.1







-       Salah memasukan Username speedy
-       Salah memasukan Password speedy
            Username dan Password adalah 2 hal terpenting dalam proses Instalasi, Akibat dari kesalahan ini menyebabkan Lampu Internet yang ada pada modem akan mati, sehingga kita tidak akan bisa terhubung ke internet, dan harus dilakukan setting ulang dengan cara mereset modem. Oleh karena Itu dibutuhkan ketelitian dalam Memasukan Username dan Password Speedy, jangan Sampai salah sehingga harus melakukan setting ulang modem.










BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari hasil praktek, penulis dapat menyimpulkan bahwa :
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) dapat menyalurkan data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan hingga 384 kbps dari modem sampai dengan BRAS(Broadband Remote Acces Server).
Fitur yang di sediakan pada layanan Speedy bermacam-macam yaitu: Speedy personal, Profesional, Office, Warnet dan Speedy Time based.
Keunggulan layanan Speedy adalah :
1. Praktis
2. Koneksi 24 jam
3. Aman
4. Kecepatan Konstan
5. Tarif late-rate
6. kecepatan Upstream 1 Mbps
7. Downstream sampai dengan 8 Mbps
B.     Saran
        Saran yang dapat penulis sampaikan setelah melakukan kunjungan Praktek Kerja Lapangan kepada PT. Telkom Indonesia Area Lubuklinggau dan Universitas Mhammadiyah Lubuklinggau yaitu sebagai berikut:
Untuk PT. Telkom Indonesia area Lubuklinggau
        Saran yang dapat penulis berikan setelah melakukan Praktek kerja lapamgan di PT. Telkom Indonesia Area Lubuklinggau
1.         Kerja sama yang baik dan rasa saling percaya serta kejujuran antara sesama karyawan semoga dapat dipertahankan demi kemajuan PT. Telkom Indonesia Area Lubuklinggau  tersebut, serta demi menciptakan SDM dan organisasi yang unggul dan mampu menyaingi yang lain.
2.         Kami juga mengharap PT. Telkom Indonesia Area Lubuklinggau  mampu memperluas dan mengembangkan ide-ide cemerlang dari para karyawan untuk menghasilkan yang  lebih bagus dan berkualitas sesuai dengan kondisi dan minat para konsumen.
3.         PT. Telkom Indonesia Area Lubuklinggau harus terus dapat menjaga kualitas dan kuantitas dalam telekomunikasi secara terus menerus agar konsumen tertarik.
4.         Kami juga mengharap lebih memperluas kerjasama antara media yang ada disekitar Indonesia khususnya dan juga luar negeri agar lebih dikenal oleh masyarakat.


























DAFTAR PUSTAKA

Adrianisman. 2010. Seputar Transformasi Telkom. Bandung: Patriot
Aan Wahyudi. 2012. “HoW TO SETT ADSL MODEM (SPEEDY). Jurnal imiah Telkom. 19 juni 2012.
Safari. Iwan. 2010. Wawancara dengan seorang ASMAN PT. Telkom: transformasi pada Devisi Costumer Service. 23 Maret 2010.

Eddy Kurnia. 2008. Dari Ayat- ayat Cinta sampai Speedy. Bandung: Patriot.
×
Berita Terbaru Update